MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP

3:38 PM
Setiap manusia harus memiliki pandangan hidup. tanpa pandangan hidup, manusia seperti sebuah kapal tanpa nahkoda. tidak memiliki arah dan tujuan hidup. pandangan hidup setiap manusia berbeda-beda, tetapi walaupun berbeda pasti mempunyai tujuan yang sama yaitu untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik di dunia dan akhirat.

sebagai makhluk hidup, manusia ditakdirkan untuk hidup bersosial. manusia dalam kehidupan itu harus memiliki rasa sosial yang tinggi. pandangan hidup manusia harus didasari dengan ketuhanan, karena jika tidak didasari dengan ketuhanan maka manusia tersebut bisa terjerumus ke dalam kehidupan yang tidak baik. pandangan hidup manusia itu harus dijalankan sesuai dengan tempatnya.

sebuagai contoh, umat islam berpedoman pada al-quran dan hadits. setiap perbuatan manusia sebaiknya mencontoh atau berpedoman pada al-quran dan hadits. dengan berpedoman pada keduanya, maka hidup kitapun akan terasa mudah dan ringan. selain berpedoman pada al-quran dan hadits, sebagai warga negara Indonesia kita harus berpedoman juga pada UUD, pancasila, dan tata hukum yang berlaku di Indonesia. Indonesia merupakan negara hukum, oleh karena itu manusia harus memiliki pedoman hidup agar kehidupannya damai, selaras dan seimbang.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

COMMENT BOX EmoticonEmoticon