Tugas 3 Bahasa Indonesia1

3:58 PM

Data Publikasi :
Hari/Tanggal : Senin, 12 Oktober 2009 11:09 WIB
Tema   : Artikel Sains
Judul    : Ketangguhan Mesin Kasir
Penulis : Prof. Yohanes Surya
Alamat Artikel : http://www.mediaindonesia.com/webtorial/pojokfisika/?ar_id=NjUwMg==


Ringkasan


suryainstitute.org
Peranan mesin kasir sangatlah penting dalam menentukan harga barang. Pada umumnya mesin kasir sekarang dilengkapi dengan alat pembaca barcode.  Barcode yang dipasang setiap benda, bentuk dan garisnya berbeda-beda sehingga mesin kasir sangat mudah menentukan harga benda yang sudah terdeteksi. Dengan mesin pembaca, barcode akan ditangkap sebagai gambar, lalu diterjemahkan menjadi tulisan. Pada saat ini penggunaan barcode tidak terbatas pada barang belanjaan saja, tetapi sudah banyak digunakan pada poster, kartu nama, selebaran dll.


Kelebihan
Artikel ini informatif sekali, mengenalkan fungsi barcode kepada pembaca. Kita mungkin yang kesehariannya hanya mengetahui barcode itu sebagai alat scan barang di supermarket, sekarang kita sudah mengetahui bahwa barcode bisa digunakan dengan berbagai fungsi. Fungsi barcode diantaranya adalah pembaca kode barang di supermarket, poster, kartu nama, selebaran, alat absensi, dan lain – lain. 

Kekurangan
Pada artikel ini tidak dijelaskan bagaimana proses barcode ini bekerja, tetapi hanya dalam batasan pengenalan barcode saja. Di dalam artikel ini juga tidak dijelaskan bahwa dalam penggunaan barcode biasanya harus menggunakan sebuah software khusus yang di desain oleh para programmer agar barcode ini berjalan dan bisa merelasikannya dengan basis data di komputer.

Pendapat akhir / saran
Artikel yang cukup baik dan informatif bagi masyarakat yang masih awam dengan teknologi barcode. Untuk penjelasan mengenai barcode dan fungsi-fungsi nya sudah sangat jelas hanya saja perlu ditambahkan lagi informasi tentang proses penggunaan barcode itu sendiri yang masih perlu diperjelas lagi.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

COMMENT BOX EmoticonEmoticon