Dampak Kenaikan Harga Terhadap Pemerintah

1:25 AM
Dalam ilmu ekonomi, inflasi adalah suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus-menerus (kontinu) berkaitan dengan mekanisme pasar yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain, konsumsi masyarakat yang meningkat, berlebihnya likuiditas di pasar yang memicu konsumsi atau bahkan spekulasi, sampai termasuk juga akibat adanya ketidak lancaran distribusi barang.
Keaikan harga di masyarakat membuat pemerintah khawatir, khawatir dengan kebijakan apa saja yang harus dilakukan agar masalah kenaikan harga ini dapat teratasi. Kenaikan harga sebenarnya mempunyai dampak positif dan negatif tergantung parah atau tidaknya kenaikan tersebut. Jika kenaikan harga ringan, maka ini bisa berdampak baik bagi perekonomian kaena akan mendorong perekonomian menjadi lebih baik yaitu meningkatkan pendapatan nasional dan membuat orang bergairah untuk bekerja, menabung dan mengadakan investasi.Sebaliknya, dalam masa inflasi yang parah, yaitu pada saat terjadi inflasi tak terkendali (hiperinflasi), keadaan perekonomian menjadi kacau dan perekonomian dirasakan lesu. Orang menjadi tidak bersemangat kerja, menabung, atau mengadakan investasi dan produksi karena harga meningkat dengan cepat. Para penerima pendapatan tetap seperti pegawai negeri atau karyawan swasta serta kaum buruh juga akan kewalahan menanggung dan mengimbangi harga sehingga hidup mereka menjadi semakin merosot dan terpuruk dari waktu ke waktu.
Oleh karena itu, pemerintah harus menetapkan kebijakan yang sebaik-baikya agar bisa meminimalisir kerugian yang dibebankan kepada rakyat.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

COMMENT BOX EmoticonEmoticon