Kesetiaan Berbahasa Indonesia

5:06 PM

kali ini saya akan menulis tentang kesetiaan berbahasa Indonesia, bagaimana kesetiaan kita dalam berbahasa indonesia bisa terlihat dari cara kita menulis sebuah tulisan.
sebelum kita bahas, mari kita simak sebuah artikel yang saya dapat dari sebuah situs yaitu
http://rumahabi.info/cara-upload-video-ke-youtube-mudah-dan-lengkap-dengan-gambar.html

Cara Upload Video Ke Youtube Mudah Dan Lengkap Dengan Gambar
Youtube masih menjadi pilihan pertama untuk aktifitas video-sharing, juga menonton video amatir pula profesional yang disharing pemiliknya lewat upload. Jika sekarang ini anda ingin menjadi peng-upload untuk sharing video milik anda, yang tersimpan di Hard Disk, maka sebenarnya sangatlah mudah. (Jika anda ingin download Video Youtube)
Dan posting ini saya tulis untuk menjelaskan langkah-langkah upload Video di Youtube. Oke langsung saja.
Cara upload video ke Youtube mudah dan komplit
1. Pastikan anda punya account di Youtube, jika belum maka silahkan register.
2. Setelah memiliki account disana, maka log-in ke Youtube.
3. Sekarang pilih menu Upload yang terletak disamping kanan atas layar komputer anda. Ini contohnya:
4. Maka anda akan dibawa kehalaman berikutnya. Yakni halaman Upload Video yang tersimpan di media komputer dan lainnya atau bahkan bisa langsung merekamnya, untuk fitur ini anda harus memiliki Web Cam. Oke inilah contoh gambarnya:
Pastikan anda baca dulu keterangan disamping kanan Upload Video, bahwa ukuran maksimal Video adalah 2 Giga Byte, dan durasi video tidak boleh lebih dari 15 menit.
5. Lalu pilih video yang terdapat di Hard Disk anda, setelah anda pilih. Maka Youtube akan mulai melakukan upload pada Video yang anda pilih dari Drive C, D atau partisi manapun di Komputer anda:
6. Lalu Youtube akan mulai meng-upload. Saat menunggu Upload, lihat kebagian bawah untuk bisa mengisi informasi tentang Video anda. Seperti judul video, deskripsinya, tag, juga kategori, selain itu mengenai privasi; apakah video anda dapat dilihat untuk umum atau orang tertentu dan juga izin, setelah semua terisi klik tombol Save Changes. Lihat gambar berikut:


7. Setelah proses upload selesai, maka Video anda sudah broadcast. Siapapun bisa melihatnya, kecuali anda seting dibagian privacy hanya orang tertentu yang dapat melihatnya!
Selamat anda telah berhasil upload video ke Youtube.
Tambahan: Anda bisa meng-upload lebih dari 1 Video secara berbarengan. Namun pastikan koneksi internet anda cepat.
Semoga bermanfaat dan sampai jumpa diposting berikutnya!

Hasil Pengamatan :

Dari artikel tersebut, saya telah menemukan beberapa kata yang merupakan bahasa asing yang seharusnya bisa diganti menjadi sebuah kata dengan ejaan yang sudah disempurnakan dalam bahasa Indonesia, saya juga menemukan kata serapan bahasa asing yang masih bisa diganti penggunaannya dengan kata asli bahasa Indonesia.
Kata – kata tersebut sudah diberi warna hijau dan diantaranya adalah :
Kata asing            | Bahasa Indonesia
Sharing               = berbagi
Download          = unduh
Upload               = unggah
Peng-upload       = pengunggah
Harddisk            = cakram keras
Posting               = catatan / tulisan
Account             = akun
register               = mendaftar
log-in                 = masuk
webcam             = kamera web
partisi                 = sekat
deskripsi             = pemaparan
privacy               = privasi / rahasia
seting                  = atur / pengaturan


penggunaan bahasa Indonesia erat sekali kaitannya dengan kesetiaan kita sebagai bangsa indonesia yang selalu menggunakan bahasa indonesia sebagai bahasa persatuan, dan memungkinkan juga seseorang dapat diukur kesetiaannya terhadap negara Indonesia ini dari cara berbahasanya dan juga cara pemilihan kata dalam menulis. 
Memang agak sulit membuat suatu tulisan menggunakan bahasa Indonesia yang baku dan sesuai dengan EYD saat ini, karena kita yang sudah terbiasa menggunakan bahasa asing , bahasa daerah ataupun istilah ilmiah. Namun itu semua bisa kita rubah dengan cara berlatih dengan serius menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam kehidupan sehari - hari. Contohnya seperti dalam menulis sebuah artikel, apalagi artikel tentang teknologi dan komputer pasti banyak menggunakan istilah - istilah yang sudah terbiasa kita gunakan yang sebenarnya itu murni dari bahasa asing, kita harus bisa mengganti istilah tersebut dengan kata yang tepat yang terdapat dalam KBBI, walaupun artikel terlihat menjadi lebih panjang dan mungkin baru pertama kali mengetahui kata tersebut, tetapi kita harus bangga karena kita adalah bangsa Indonesia yang memiliki bahasa persatuan Bahasa Inonesia.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

COMMENT BOX EmoticonEmoticon