Dampak Wabah Jejaring Sosial

11:28 PM
Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilaivisiidetemanketurunan, dll.
Analisis jaringan jejaring sosial memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan. Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah hubungan antar aktor tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul. Penelitian dalam berbagai bidang akademik telah menunjukkan bahwa jaringan jejaring sosial beroperasi pada banyak tingkatan, mulai dari keluarga hingga negara, dan memegang peranan penting dalam menentukan cara memecahkan masalah, menjalankan organisasi, serta derajat keberhasilan seorang individu dalam mencapai tujuannya.
Dalam bentuk yang paling sederhana, suatu jaringan jejaring sosial adalah peta semua ikatan yang relevan antar simpul yang dikaji. Jaringan tersebut dapat pula digunakan untuk menentukan modal sosial aktor individu. Konsep ini sering digambarkan dalam diagram jaringan sosial yang mewujudkan simpul sebagai titik dan ikatan sebagai garis penghubungnya.

dengan logika awam kita pasti udah tau kalo jejaring sosial dapat mempengaruhi kesehatan seseorang, misalnya ada yang kecanduan FB atau Twitter atau yang lain, ampe menghabiskan waktu berjam-jam dalam sehari di depan komputer. kalo diimbangi dengan nutrisi dan olah-raga yang baik tentu aja dampak buruknya bisa diminimalisir... tapi setauku orang yang rajin olah-raga dan punya gaya hidup sehat cenderung membatasi aktivitas diam di depan monitor :D apalagi ampe berjam-jam dalam sehari. ini cuma misalnya lho... (berlaku juga buat yang suka ngetik isi blog ampe begadang larut malam :D)

Sekarang mari kita bahas macam - macam jejaring sosial yang membooming dari masa ke masa. Jenis - jenis jejaring sosial ini adalah :

1. Friendster
Friendster adalah sebuah situs permainan sosial yang berfokus pada permainan dan musik yang berpusat di Mountain ViewCalifornia.Friendster sebelumnya dikenal sebagai situs jejaring sosial Sebelum dirancang ulang, layanan ini memungkinkan pengguna berkomunikasi dengan anggota lain, serta berbagi konten dan media daring dengan anggota tersebut. Situs web ini dulunya digunakan untuk berkencan dan mencari tahu tentang acara baru, band, dan hobi. Pengguna dapat berbagi video, foto, pesan dan komentar dengan anggota lain melalui profil dan jaringan mereka. Friendster dianggap sebagai salah satu jejaring sosial asli dan bahkan "kakek"-nya semua jejaring sosial. Layanan ini sangat populer di kawasan Asia Tenggara.
Friendster ini merupakan situs jejaring sosial yang pertama yang pernah saya buat. Cara penggunaannya hampir sama dengan facebook ataupun twitter, banyak template - template yang menarik dan lucu untuk membuat followers sering berkunjung ke friendster kita. Tetapi friendster kini sudah mulai ditinggalkan oleh para usernya karena banyak yang mengeluh bahwa akun friendsternya di hack. Hal ini memang dikarenakan keamanan friendster yang masih sangat kurang yang membiarkan script HTML dapat dieksekusi melalui dinding kiriman dari user lain.

2. Facebook
Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada Februari 2004 yang dioperasikan dan dimiliki oleh Facebook, Inc.Pada Januari 2011, Facebook memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif. Pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna yang memiliki tujuan tertentu, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah, perguruan tinggi, atau karakteristik lainnya. Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh administrasi universitas di AS dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.

3. Twitter
Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan[3] (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut.
Semua pengguna dapat mengirim dan menerima kicauan melalui situs Twitter, aplikasi eksternal yang kompatibel (telepon seluler), atau dengan pesan singkat (SMS) yang tersedia di negara-negara tertentu. Situs ini berbasis di San Bruno, California dekat San Francisco, di mana situs ini pertama kali dibuat. Twitter juga memiliki server dan kantor di San Antonio, Texas dan Boston, Massachusetts.
Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Hal ini kadang-kadang digambarkan sebagai "SMS dari internet".

Dampak Negatif Jejaring Sosial
Jejaring Sosial selain memiliki dampak positif, juga memiliki dampak negatif. Salah satunya yang paling dikenal adalah GALAU. Galau itu bisa diibaratkan sebagai perasaan yang sulit dan rumit hingga membuat pengidapnya sulit untuk berfikir jernih dan baik. Galau ini bisa menjadi sangat kronis ketika setiap permasalahan pada pengidapnya terus bertambah tanpa adanya penyembuhan. Oleh karena itu penyakit Galau ini harus dicegah sedini mungkin.

Referensi:


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

COMMENT BOX EmoticonEmoticon